Produk Dalam Negeri

Saya pernah mengunjungi Korea dan malaysia, dan satu hal yang saya suka dari kedua negara tersebut adalah, orang2 nya sangat bangga pada produk mereka sendiri. Proton di Malaysia – KIA dan Hyundai di Korea. Sayangnya produk-produk mereka diremehkan di Indonesia, mulai dari nggak tahan banting lah, gampang rusak lah dan lain sebagainya, padahal banyak dari kita di Indonesia yang justru sangat alergi pada produk dalam negeri, dengan bermacam-macam alasan sementara kalau ada pejabat yang bilang produk dalam negeri itu jelek, belum teruji dan sebagainya mereka ramai-ramai mencerca.

Saat saya akan membeli mobil Proton Exora, salah seorang teman saya mengejek habis-habisan dan mengatakan kalau saya melakukan pilihan yang salah dan sia-sia. Waktu saya beli Motor merk Minerva Megelli pun banyak yang mencibir, padahal sudah setahun motor itu saya pakai tidak pernah menemui banyak masalah.  Masyarakat kita terlalu “mendewakan” Made In Japan itu superior, hebat dan pasti berkualitas. Padahal banyak juga produk made in Japan yang kualitasnya acak-acakan.

Made In China

Saya menjual produk Cina untuk perlengkapan tangki BBM, dan boleh percaya boleh tidak kualitas nya tidak kalah dengan produk Made In USA, UK atau Australia padahal harganya jauh dibawah produk buatan “bule-bule” itu. Luar biasa kan?.

Balik lagi ke masalah Proton dan KIA/HYUNDAI. Seorang Sales SUZUKI mengatakan pada saya bahwa produk-produk non jepang itu kualitasnya rendah dan material interior nya kelihatan murahan. Padahal secara desain dan fitur jelas lebih lengkap dari buatan Jepang dengan harga yang sama. Dan teknologinya pun tidak kalah dari buatan Jepang malah diakui Global. Sementara sang sales terus mengoceh tentang “kehebatan” mobil buatan jepang.

Saya pun pakai mobil buatan jepang dan saya lihat baik dashboard, bodi,cat juga relatif sama dengan buatan Malaysia atau Korea. Bagaimana kalau produk Korea/malaysia itu di tempel dengan merk Jepang?

 

 

 

Tinggalkan Balasan

