About Me

Panjang lebar, namun sederhana saja saya ingin menuliskan tentang diri saya :

Lahir tahun 1979 di Jakarta, anak pertama dari 4 bersaudara. Ayah saya seorang pegawai PT Pertamina saat itu, beliau bekerja sejak 1972. Kehidupan kami sangat sederhana, dimulai menumpang di Rumah kakek dari Ayah saya di Kemayoran, menjadikan saya bangga sebagai anak kemayoran.

sebenarnya sempat tinggal di kawasan Tanjung Priok, Jakarta selama beberapa tahun, namun pindah ke Kemayoran. lalu sempat pindah lagi ke Cepu,Jawa Tengah selama 1 tahun sekitar tahun 1984-1985. Kesulitan hidup saat itu membuat saya menjadi seorang anak yang minder apalagi saya tidak memiliki banyak teman disamping sifat tertutup saya, ditambah lagi sejak kecil saya tidak mudah untuk mempercayai orang lain.

Tahun 1985 saya kembali ke Jakarta dan bersekolah di SD Kencana, yang letaknya hanya sekitar 20 meter dari rumah kakek/nenek saya. Kelas 2 SD saya pindah ke Bekasi, yang otomatis saya ikut pindah sekolah ke Bekasi.

Selama 3 tahun bersekolah di Bekasi, ayah saya memindahkan kembali saya ke Sekolah lama di kemayoran mulai kelas 5 SD hingga selesai. Meneruskan SMP di tempat yang berdekatan SMP78 yang saat itu terkenal dengan Marching Band-nya, namun saya tidak bergabung karena merasa tidak memiliki bakat seni. 3 tahun di SMP saya sempat dipukuli teman SMP karena tidak memberikan jawaban test (ulangan) menjadi kenangan yang tidak terlupakan, sekaligus menjadi awal mula tekad saya untuk tidak melakukan kecurangan dalam tes ataupun menyerah pada orang semacam mereka yang hanya ingin mengambil jalan pintas.

Tahun 1994 saya bersekolah SMU di Sumur Batu tepatnya di SMU 5, hanya satu tahun, karena saya tidak naik kelas saat itu. Kenapa? saya memiliki pendapat yang beda dengan seorang guru. dan seluruh guru seakan memusuhi saya bahkan mata pelajaran PPKn pun hanya dapat nilai 5 (merah) Raport saya pun kebakaran hebat.

Saya pun pindah ke sekolah lain di SMU 53 Jakarta timur, tentu saja naik kelas, ayah saya melanggar aturannya sendiri untuk tidak menyuap, beliau membayar sejumlah uang agar saya naik kelas dan pindah ke sekolah lain di rayon yang lain. Sesuatu yang tidak pantas ditiru tapi saya kembali belajar satu hal, orangtua akan melakukan apapun demi anaknya.

2 tahun di SMU 53 saya mengenal yang namanya Anak mobil, kehidupan malam, nongkrong di Asia Afrika dan saya bergabung dengan sebuah klub mobil dan sempat ikut event Drag Race tahun 1996. Memulai “karier” jadi tukang cuci mobil balap, lalu tukang tempel sticker mobil balap lalu akhirnya menjadi Tester dan ikut Drag Race meski hanya 1 seri di Kemayoran, dan saya kalah di Stage pertama.

Melanjutkan kuliah di Universitas Sahid tahun 1997, saya sempat berjualan Kantong Plastik kresek dari pasar ke pasar untuk menambah uang jajan saat itu. Kurang lebih satu tahun dari pasar bekasi, pasar nangka kemayoran sampai pasar Marunda, Priok saya jalani. Antar plastik sebanyak 50 kg pakai motor Honda Astrea Grand 1991, saya mulai mengenal kerja keras, jam 3 pagi saya bangun antar barang, tiba di rumah jam 6, lalu tidur sebentar kemudian kembali bangun untuk kuliah. Disaat teman kuliah nongkrong-nongkrong menghabiskan waktu di kampus, saya beda, usai kuliah selesai, saya pulang dan bekerja. Saya sadar diri siapa saya.

Sebenarnya ayah saya punya jabatan di kantornya, bahkan saya lihat beliau punya parkir sendiri, ruang kerja yang besar, namun beliau sampai akhir masa jabatannya dan pensiun hanya menyisakan sebuah rumah belum lunas yang kami tempati sejak 1986 di Pekayon,Bekasi, 2 buah mobil bekas dan satu hal yang saya anggap mewah : Nama Baik beliau. dan saya bangga padanya. Saya kemana-mana pun hanya naik angkutan umum, sesekali naik motor bebek milik ibu saya.

Sempat nyambi sebagai calo handphone di Roxy tahun 2000an. Setelah tahun 1998 pak Harto jatuh, tahun 1999 usaha plastik saya tidak berjalan baik, Om saya saat itu menyebut bisnis plastik sedang tidak bagus, harganya naik terus, hingga saya tidak bisa bersaing.  Om saya alm. Johnny Gontha adalah seorang yang hebat, beliau juga yang mengajari saya untuk berdagang.

Sempat ikut kerja bersama teman tahun 2001 namun hanya sebentar karena jarak kantornya jauh dari rumah. Lulus tahun 2002 saya sempat menganggur selama setahun, ikut event sebagai tukan beres-beres panggung, jadi tukang bawa soundsystem, rapi-rapi kabel listrik, sampai jaga warnet sempat saya lakoni, bahkan sempat menjadi mekanik di Aneka Motor Suzuki.

Tahun 2003 saya diterima kerja di Usaha Jayamas Bhakti, mungkin ini satu-satunya perusahaan yang mau menerima saya. dimulai dari Sales, lalu ke Marketing, sampai tahun 2009 saya menembus supply ke Patra Niaga yang saat itu ada proyek pengadaan 70 unit mobil tangki, saya pun sempat memimpin divisi sendiri. HIngga menjadi raja kecil disana, menentukan harga, menentukan barang yang akan di beli (impor), menentukan strategi pemasaran. Bahkan saya saat itu juga ikut melakukan packing barang, antar barang, penagihan ke customer dan pekerjaan lain yang tidak mau dikerjakan staff kantor saat itu (mereka lebih menyukai kerja yang rapi, sementara saya setiap pulang kantor pasti ada saja kemeja yang kotor).

Tahun 2012 saya pun hengkang dari perusahaan itu, mencoba peruntungan untuk kerja sendiri, namun saya di rekrut lagi oleh perusahaan baru, untuk membangun team marketing, saya pun membangun team marketing yang efisien, artinya mereka bisa bekerja apapun tanpa harus menunggu apa yang harus dilakukan. hanya karena perbedaan visi dan prinsip saya memutuskan untuk kembali hengkang tahun 2013 bulan Mei.

Sekarang?

Saya mencoba berwirausaha sendiri, toh saya belajar banyak sebelumnya, mulai dari sales plastik, calo handphone, tukang cuci mobil, tukang pasang sticker, beres-beres panggung, field supervisor, pembalap,supir ekspedisi, tukang packing barang, mekanik/teknisi sepeda motor, sampai level Manager pernah saya jalani.

Namun saya juga masih menerima masukan, dan tawaran yang lain selama saya bisa kerjakan. Gaji itu masalah kesekian, ada yang lebih penting dari sekedar uang dan gaji. saya bisa mendapat pengalaman dan tantangan baru.

 

4 thoughts on “About Me

Tinggalkan Balasan

