Ford Fiesta 2010

IMG_00002953

Akhirnya genap 3 tahun saya memakai mobil kesayangan saya ini. Sejak September 2010 saya Indent, lalu mendapat mobil ini berwarna Merah, tahun ini genap 3 tahun juga yang artinya sudah expired masa warranty resmi nya. Honestly its a very nice car, great handling, great engine power, great speed for 1,4 litre engine.
Per November 2013 jarak yang sudah saya tempuh sejauh 23ribu km. Saya sempatkan menulis review tentang mobil ini.
Pada awalnya saya menukar mobil KIA Picanto Hitam saya dengan Mobil ini dengan maksud memperbesar ukuran mobil karena anak saya akan bertambah besar, jadinya saya mencari pengganti Picanto yang menurut saya sangat iriiit. Awalnya saya memiliki kandidat lain yaitu HONDA JAZZ RS, good design car, dan tentu saja merk HONDA dan ciri khas Honda, mobilnya kecil tapi interiornya berasa lega. Namun ada teman yang mengaku mengenal kepala cabang Ford Kelapa Gading saat itu, berbekal info darinya saya segera berangkat ke Ford kelapa gading saat itu juga.
Sampai di Ford KG, saya tidak melihat unit Fiesta, malah saya ditemui seorang salesgirl yang menanyakan maksud kedatangan saya. Saya bilang mau beli Ford Focus. Saya ditunjukkan ke sebuah unit berwarna hitam Ford Focus saat itu dan langsung terpesona. Bukan pada salesnya ya, tapi pada sosok gagah ford focus, namun apa daya saat saya tanya apakah ada transmisi manual, sang sales menjawab nggak ada. Akhirnya saya putuskan untuk mengambil satu unit Ford Fiesta 1.4L Manual.
Singkat cerita, 3 tahun sudah berlalu, saya masih menaruh mobil itu di garasi, sesekali keluar kalau ingin driving sendirian, ngebut tengah malam atau sekedar jalan untuk melepas penat.
3 tahun, akhirnya AKI soak. Untung saya belum mengeluarkan mobil itu dari garasi atas, kalau sudah, setengah mati harus mendorongnya kembali keatas. Saya bergegas ke Ford Bekasi, dan menanyakan harga aki tersebut, kaget ½ mati, harganya 2,4 juta. Alamak! Pas tanggung bulan. Saya segera browsing di Internet dan menemukan tokoaki.com dan membeli satu unit Aki merk ROCKET MF, saya tidak sebut harganya, silakan menghubungi bosnya saja di PIN BB 29DBFB34. Dan diantar langsung sore itu juga ke Bekasi dari BSD…..

Its a Review!

Eksterior,Cat, Bodi, kaki-kaki. Almost Perfect. Ada beberapa cacat karena kena batu, wajar lah, atau ada sedikit baret tipis kerjaan orang sirik yang nggak mampu beli mobil, biasa lah itu, kadang saya mikir kalo nggak mampu beli, ya usaha dong, jangan sirik…atau nikmati aja yang dia punya saat ini siapa tau rejekinya ditambah. Bodi saya hanya menambah Roof Spoiler OEM yang harga resminya 3,4 juta di Ford (nangis saya kalo ingat belinya) belum termasuk 500 ribu ngecat merah. Lalu saya lengkapi lagi Spatbor, Talang air OEM, semua OEM dan semua bayarnya pakai uang asli. Kaki-kaki masih oke, jarang pakai. Steering rack sudah ganti baru, hasil klaim karena bunyi gluduk-gluduk, tapi sebulan setelah diganti bunyinya muncul lagi, mau di klaim malah dijawab nggak ada penggantian, Cuma diperbaiki….males saya.
Water Pump sempat ganti (klaim) karena bunyi dengung, mau tau gantinya berapa lama, dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Setelah itu saya jarang pakai. Lagipula kalau pakai Premium larinya nggak enak, otomatis ganti ke Pertamax/Shell Super, baru enak larinya, sayang dompet saya juga cepat habis isinya.
Ban, Velg, Shockbreaker semua masih Orisinil, bahkan ban masih ada “rambutnya”

Mesin/Drivetrain

Mesin 1400cc Ford saya anggap efisien, dan optimal. Salah satu yang saya kagumi dari Made In America design in Europe ini adalah efisiensi mesin, bukan berarti irit, tapi Ford mampu membuat mesin 95 tenaga kuda maksimal digunakan powernya, tidak mengejar irit semata. Saya masih bisa mengalahkan kecepatan mobil yang memiliki cc lebih besar kok.
Kabin kedap suara, peredam yang ada sebenarnya belum maksimal tapi peredaman sangat baik, bahkan kedap. Nyaman saat berada di dalam kabin. Sistem Audionya juga bagus, saya tidak perlu melakukan Upgrading. Ada Digital Sound Processor nya pula, untuk mobil kelas ini, kualitas audio dan peredamannya sangat baik.
Voice Command jarang pakai, jadi saya lebih suka mengabaikannya, saya belum mengetes All New Fiesta yang katanya dibekali SYNC Microsoft punya. Handling juga mumpuni.
Konsumsi BBM? Hmmm ini yang membuat saya bingung, mesin 1400cc ini meng konsumsi BBM sekitar 11-12 Km/liter dalam kota dan bisa 15km/liter luar kota. Lebih boros dari mobil dengan cc sejenis.

Love/Hate

Love
1.Mesin Bertenaga, optimal
2.Handling Oke
3.Audio System sangat bagus, ada DSP
4.Peredaman Kabin setara mobil kelas diatas 250jutaan
5.Voice Command
6.AirBag, MID, Tampilan Dashboard

Hate
1.Boros untuk mobil seukurannya
2.Spare Parts relatif mahal
3.Harga Jual Terjun bebas

Pernah ada yang menawar mobil saya seharga 120 juta, tapi saya tolak, karena saya mau ganti mobil apa yang sepadan dengan mobil ini?, kualitas peredaman, audio system, merk kuat. Mungkin saya masih dianggap buta pada merk lain, tapi saya berpikir, merk FORD masih menjadi magnet kuat buat saya, bahwa merk tersebut mencerminkan kualitas dan kekuatan sebuah produk. Made In America, meski sudah pabrikan Thailand. Namun sayangnya lagi-lagi image, Ford itu mahal, ford itu susah dijual lagi, ford itu sparepart nya susah masih tertanam dibenak masyarakat kita.
Tapi, 3 tahun, 23 ribu km, tidak banyak masalah, saya berharap bisa menggunakan mobil ini setidaknya 5 tahun lagi atau sampai mobil ini tidak bisa dijalankan atau dinyalakan lagi. Saya tidak tertarik untuk menukar tambah mobil ini.

3 thoughts on “Ford Fiesta 2010

  1. sebelum nya saya perkenalan dlu ya , perkenal kan nama saya angga pratama ,umur 20th, tidak bekerja dan masih kuliah di UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA – Kaltim , kita lanjut aja ya ,,, ngomong2 ford fiesta ni ane jg make bang ford fiesta mobil ane tahun 2011 Akhir , ye hitung aja kali ya 2012 tapi tetap aja di STNK 2011 , lanjut aja ni . mobil ane ini baru baru ngalamin musibah ehh, pas lagi jalan asik asik skali nya mobil mati tiba-tiba ( muka panik ) iya kalo mogok nya di pinggir jalan ini mah di tengah jalan baru di tengah-tengah lampu merah lagi aduuuhhhhhhhhh, di situ posisi mobil saya stater terus , ada kali ya saya stater sampe 10x . eh hidup mobil nya !!! lega nya hati , lah entah kenapa ada seperti bunyi panble !!! berhenti lah saya di pinggi jalan pas saya buka KAP mesin depan BUSSSSSSSSS!!!!!! Asep putih ngpool dari mesin saya . waduhhhhhh . di situ saya sangat panik dan langsung menghubungin teman saya di deler ford . akhir nya di jemput deh mobil saya , di cek semua mesin eh akhir nya ketauan gara gara apa . skali nya gara2 kehabisan air radiator . sumpeh fatal bener air radiator sampe skrng mobil ane masih ada aja do deler . saya sebutin aja deh ya biaya yang di perlukan untuk perbaikan itu smua . maaf ni sebelum nya , saya di minta sama pihak deler ford di samarinda sebesar 25jt . ehhh duit pak duit . mana bisa ane bayar cash depan mata gitu . jdi mau gmna lagi ya hal kecil bisa jdi fatal . inti nya jangan lalai mengecek mobil pastikan mobil anda dalam kondisi Stabil dan siap pakai .

    1. Berarti mobil overheat ya. Makanya dia mati mesin otomatis. Semua mobil memang begitu kalau overheat dia akan mati otomatis.
      Ingat kejadian di bengkel ford… fiesta nya kebanjiran..mogok. ditarik ke bengkel pas diperiksa total kerusakan biayanya 38juta… langsung tuh yang punya bengong aja. Karena blok mesin bawahnya juga bolong mau nggak mau ganti blok bawah.

Tinggalkan Balasan

