Fine Crystal “Sensya”

image

Saya mempunyai banyak produk perawatan Cat mobil, mulai dari yang bahan Polymer, Carnauba, Acrylic, sampai wax. Bahkan saya pernah mencoba Teflon Car Coating untuk.mobil saya.
Iseng-iseng saya mencoba Sensya FineCrystal car coating system. Saya beli di Rakuten seharga 18,75 usd per 800ml.
Saya beli 2 pouch @800ml dan 1 pcs 800ml + sprayer. Bayar pakai kartu kredit dan dalam 5 hari barang sudah sampai di rumah kirim via Japan Post (EMS atau Regular Mail)

Mereka menawarkan cairan yg namanya CrystalGlow sebanyak 1 liter. Harganya pun lumayan mahal karena pakainya 1 mobil hanya 50ml. Mereka menawarkan 3 tingkatan ketahanan, 1,3 dan 5 tahun. Dengan harga beda tentunya. Tapi saya tidak ambil yh crystal glow meski diakui amat tertarik.
Saya suka memoles mobil kapanpun saya mau, sementara crystal glow hanya 1 tahun sekali. – tapi mereka menawarkan paket 50ml juga untuk Crystal Glow-

Saya pun memulai mencoba menggunakan Finecrystal (FC) di mobil. Saya cuci mobil sampai bersih, lalu saya keringkan dengan lap chamois.
Setelah kering, saya semprotkan cairan FC per panel lalu saya lap menggunakan microfiber cloth. Saya lakukan hal sama terhadap panel bagian lain.

Selesai semua panel dikerjakan saya lihat kilap mobil jadi sangat kinclong… akhirnya sesuai saran si penjual saya aplikasikan sampai 3 kali dan saya akui kilapnya luar biasa. permukaan cat pun serasa halus dan saya bisa melihat tampilan mobil menjadi sangat wetlook.

Sengaja saya jemur mobil selama seminggu kena panas dan hujan lalu kembali saya cuci tanpa sabun, hanya pakai kain microfiber, hasilnya pun masih oke.
Menurut penjualnya FineCrystal itu bukan wax (pantas kena karet panel tidak masalah) dan mereka menyebutnya Glass Coating.

Perbedaan dengan Crystal Glow adalah pada bahan pembuat. FC menggunakan bahan Fluorine Compound yang berwarna kekuningan ditambah Silicone, sementara CG menggunakan Sylane Compound,Curing Agent. Untuk.pengaplikasian CG lebih sulit karena aplikasi hrs hati2 jika salah lapisan harus digerus pakai kompon. Sementara FC lebih mudah.

Satu yang menarik saat saya tinggal di Puncak Jawa Barat, mobil berembun, tampilan embun berwarna putih seperti ada lapisan kaca/plastik di cat. Saya sempat tanyakan ke penjual, si penjual bilang itu lapisan yang melindungi cat, glasscoating nya yang masih menempel di cat. Selama ±2 minggu lapisan itu masih berada disana.

Ada beberapa gerai car paint protection yang menawarkan model coating seperti ini, saya pikir untuk orang seperti saya, saya lebih suka membeli cairannya, lalu dipakai berulang ulang kali sesuka hati.
Toh kalau dihitung 1 botol 800ml @18,75USD bisa dipakai sampai puluhan kali. Atau kalau mau coba yg CG yang harganya agak mahal tapi masih lebih murah jika lakukan sendiri, mungkin lebih merasa puas.
Hasilnya pun saya bilang “wetlook” dan tahan cuaca juga.

Keputusan ditangan anda

Tinggalkan Balasan

