Hanya Malaikat yang bisa jadi Pimpinan KPK

Satu per satu pimpinan KPK bertumbangan di tangan Kepolisian RI, kasus nya macam-macam dan kebanyakan kasus yang sudah lama.

El Clasico

Seandainya…ah kita berandai-andai saja para Pimpinan KPK tersebut tahu bahwa mereka akan menjadi pimpinan KPK nantinya, saya yakin tidak akan melakukan kejahatan atau kesalahan di masa sebelumnya.

Sebenarnya juga masih banyak calon pimpinan yang bersih, mungkin mereka juga berasal dari dunia yang sama sekali berbeda. Atau bahkan tidak bersentuhan sama sekali dengan politik, hukum dan birokrasi. Tapi seperti umumnya kita melamar pekerjaan, anda akan ditanya pengalaman dahulu, jika lowongannya Sales and Marketing Manager produk farmasi, anda yang punya pengalaman 20 tahun di bidang Oil and Gas juga belum tentu diterima. Padahal level manajerial lebih kepada kemampuan kepemimpinan, menempatkan orang yang tepat di tempat dan waktu yang tepat, bukan lagi level pelaksana atau operator yang memang membutuhkan pengalaman spesifik.

Saya pun berpikir, hanya malaikat yang boleh memimpin lembaga seperti KPK, dia harus bebas dari dosa, bebas dari cela dan bebas dari kejahatan. Bahkan seorang nabi saja punya kesalahan.

Apakah saya berani menjadi pimpinan KPK, berani tentu saja, why not? Saya tidak punya kepentingan pribadi, saya tidak punya hubungan dengan birokrat, tidak punya proyek juga, bahkan rekening saya tidak sebesar para pejabat itu dan mudah dilacak.

Tapi saya ingat, waktu SMA dulu saya pernah membuat contekan di kertas kecil, lalu dijual ke teman-teman saat menjelang ulangan (lumayan buat jajan) lalu saya pernah bolos menerobos jalan belakang saat SMA dulu, berantem dengan guru Fisika, ikut balap liar, ikut tawuran meskipun cuma satu kali, lalu saya juga pernah tidak naik kelas waktu SMA. Saya khawatir “kenakalan” saya tersebut bakal dijadikan alat untuk menjatuhkan saya nantinya, wah wah!

Tinggalkan Balasan

