Pelayanan PT Pos Indonesia

Datang Senin pagi ke Kantor Pos Besar Bekasi, saya menuju Customer Service dan menanyakan status kiriman saya dari USA. Sialnya paket tersebut kode kirimnya diawali “LC” yang artinya PETAKA alias CELAKA 13.

Tarik mundur ke Belakang, 3-4 hari sebelumnya saya melakukan kontak dengan POS 161 dan diberikan nomer telepon MPC Jakarta khusus kiriman Internasional 021-3860177. Total selama 4 hari, saya tidak pernah mendapati nomor ini diangkat. Bahkan 161 kembali memberikan nomor telepon Pos Besar Bekasi 021-8824181 dan 021-8808166 lagi-lagi sampai mampus pun nggak diangkat.

Saya menuju CS Kantor Pos Bekasi menanyakan nomor MPC Jakarta, diberikan nomor sama dan diberikan juga Extension Number 6230 Ibu Tika di MPC Jakarta. Bahkan dengan percaya diri si CS yang dua orang yakin 100% kalau saya “bohong” sudah menelepon 4 hari berturut turut dengan kata-kata “ah, saya bisa kok pak nyambung, baru aja saya telepon nyambung ke extension number”  Saya nggak mau kalah, saya telepon di depan muka mereka pakai HP, hasilnya berdering tapi kata-kata yang terdengar “maaf, telepon yang anda tuju tidak menjawab” bukannya “Silakan masukkan extension number yang anda tuju” Kali ini saya yang tersenyum lebar. Bahkan si CS menelepon juga melalui telepon mereka dan kali ini mereka terdiam seperti –maaf— sekumpulan orang bodoh.

Jawaban mereka yang keluar akhirnya klise, seolah saat training mereka Cuma diberikan kata-kata tersebut “Maaf pak, hanya nomor ini yang kami punya, Bapak terus menelpon saja siapa tahu menyambung” seolah pekerjaan saya Cuma menelepon Kantor Pos.  Seolah juga YES, konsumen kita bodoh dan dungu, serta diberikan kata-kata ajaib tersebut konsumen akan bersikap pasrah se pasrahnya…

Saya lantas menuju bagian belakang kantor pos dan bertemu Pak Andi (saya sangat memberikan apresiasi pak Andi) yang memberikan saya nomor HP rekannya pak Agus di MPC Jakarta. Singkat kata walau barang belum saya terima saya bisa mengetahui status barang tersebut lewat pak Agus MPC Jakarta.

Saran saya buat POS Indonesia, anda percuma pasang nomor CS tapi tidak ada yang mengangkat, mungkin kiriman pos tersebut tarifnya murah jadi tidak perlu diperhatikan atau dijadikan prioritas. Saran saya juga pecat saja CS anda yang tidak empati, tidak memberikan solusi sama sekali, saya nggak tau bagaimana proses rekruitmen mereka dahulu, entah HRD nya yang extremely stupid atau sekedar ada, padahal ribuan orang diluar sana memiliki kemampuan yang jauh lebih baik.

Saya sudah menanyakan via email, twitter, telepon sampai datang langsung. Justru keterangan saya dapat dari orang-orang yang sebenarnya tidak perlu berurusan dengan konsumen langsung. PT POS, anda harus berubah, seandainya di negeri ini ada 1000 konsumen seperti saya, pasti bos-bos PT POS itu akan merah kupingnya dan tidak akan nyaman berada di kursi nya saat ini.

Saya tidak membutuhkan kata “Maaf” dari CS POS,saya hanya membutuhkan informasi yang akurat daripada sekedar “memang kode LC tidak bisa di tracking pak” itu juga saya tau, saya bukan sekali dua kali melakukan Impor, hanya saja shipper saya kali ini KHILAF menggunakan paket “LC” yang memang tidak bisa di tracking. Ditambah lagi maaf, kualitas SDM Customer Care PT Pos, masih dibawah Standar, rekruitment nya patut dipertanyakan. Profesional? I don’t think so…

Mungkin PT Pos lebih cocok jadi penyalur BLT atau apalah namanya, yang mau disuruh antri panjang menunggu giliran dan yang nggak akan komplain kemana-mana, cuma dipendam dalam hati…Bikin sakit otak saja.

O iya tulisan ini tidak mewakili pelayanan PT Pos secara keseluruhan, hanya sekedar mengeluarkan unek-unek yang kalau nggak dikeluarkan malah bikin darah tinggi.

Terima kasih kepada Pak Andi (Pos Besar Bekasi), Pak Agus (MPC Jakarta) dan Pak Hari (Kantor Pos Bantar Gebang), mereka contoh baik, bekerja sesungguhnya bukan hanya kosmetik, menaruh orang cantik di meja CS tapi — sorry to say — Big Zero

10 thoughts on “Pelayanan PT Pos Indonesia

    1. Saya ada nomor orang EMS di pos indonesia tapi hilang. Kalau kode LN itu umumnya antara 3 sampai 4 minggu keluar. Tracking nya nggak ada.. karena dianggap surat reguler.

  1. saya juga memiliki kode tracking yang sama dengan Bapak, tidak bisa terlacak, LC. boleh tahu pak, informasi pak Agus, apakah status barangnya masih OTW atau sudah di indonesia?. penasaran juga karena posisi saya di surabaya dan sudah 2 bulan barang tidak sampai samai. thanks sebelumnya.

    1. Pak wawan..pak agus itu di MPC Jakarta. Mungkin bpk bisa sms atau telepon beliau menanyakan person in charge di surabaya

      Kode LC memang bukan milik Pos tapi milik Bea Cukai setempat. Begitu barang masuk ke BC pengirim langsung diberi kode LC, sampai di negara penerima kode LC tsb diubah lagi menjadi kode penerima.
      Barang kode LC biasanya memang dalam amplop. Lama pengiriman kalau dari USA ke JKT itu sekitar 2 minggu. Krn bukan prioritas jadi tdk masuk ke EMS jadinya ke pos biasa dan ditumpuk dengan kiriman non EMS. Kalau EMS diperiksa staf pos kalau LC hanya diperiksa BC lalu diteruskan ke PT Pos dengan lama periksa 5-14 hari kerja setelah tiba BC. Lalu di distribusikan ke PT Pos. Disana di sortir lagi krn bukan prioritas bisa 5-14 hari kerja (lagi)

      Agus MPC Jakarta 0817800797 atau PT Pos 161

  2. Saya harus meretur barang kosmetik yang saya beli dari Korea kemudian form retur sudah saya kirim ke bea cukai pasar baru, sisanya paket dikirim kembali oleh pos indonesia.
    Tapi saya tidak bisa memastikan paket saya apakah sudah dikirim kembali ke korea atau tidak karna status di ems.posindonesia.co.id masih tidak berubah. Telepon pun gk diangkat-angkat oleh pos indonesia.
    Bisa cari tau kemana lagi ya?
    Mohon bantuannya. Karena uang saya akan dikembalikan hanya jika barang sudah sampai di Korea.
    Terima Kasih

    1. Coba Bapak tanyakan ke pak Agus MPC Jakarta 0817800797. Kalo pT Pos memang agak lama pak untuk input data. Bisa 3×24 jam. Hampir semua post office seluruh dunia memang begitu kok pak.

      Mudah mudahan berhasil

  3. Saya sedang menunggu kiriman barang dengan kode ES dari Australia. Kira2 proses pemeriksaan di cukai setelah barang sampai di Indonesia berapa lama ya? Apakah saya bisa menelpon pihak bea cukai agar proses nya dipercepat/didahulukan karena saya akan berangkat ke luar negeri dalam waktu dekat? Oh iya saat ini saya tingggal di Jakarta.

  4. Halo Pak Ethan,
    Saya punya kendala yang mirip2 nih, beli barang dari UK tapi sudah sebulan statusnya gak update (ada di MPC Jakarta terakhir).
    Kalau boleh dishare no.pic MPC Jakartanya akan sangat membantu, terimakasih..

Tinggalkan Balasan

