Biar saja parpol pada ribut

Ayah saya tiba tiba mengajak saya ngobrol setelah melihat tayangan di televisi.
Beliau bilang “papa baru lihat di MetroTV, orang parpol berantem pukul pukulan”
Lalu ia melanjutkan kalau kakek kakek bertarung untuk jadi ketua partai. Keduanya saling ngotot kalo dirinya paling pantas, paling legitimate, paling cocok memimpin partai tersebut.
Pantas saja rakyat di republik ini kelakuannya kebanyakan sama gara-gara melihat para pemimpinnya seperti itu.

“Lalu harusnya bagaimana pa?” Tanya saya sambil tersenyum. Beliau berusia 65 tahun dan pekerjaannya sekarang hanya mengurus rumah, bermain dengan cucunya yang berjumlah 7 orang.

“Ya kenapa sih udah pada tua kok, lebih bijak,lebih kepala dingin. Nggak merasa paling benar. Udah tua lebih dekat kepada Allah, ibadah…toh harta nggak akan dibawa,ngapain juga ditumpuk tumpuk. Kasih contoh sama yang muda, kayaknya kalo mengalah itu paling hina, kehilangan muka”

“Kayak papa gitu maksudnya? Pagi ngurusin tanaman, siang tidur, sore minum teh, malam ngaji?” Tanya saya lagi

“Nggak harus begitu, tapi harusnya kalau sudah tua lebih menghargai hidup karena kapan saja bisa dipanggil maut” jawab beliau.

“Pa, kalo semua kayak gitu, nanti neraka sepi, malaikat di neraka nggak ada kerjaan, saya yakin hidup itu balans, ada jahat ada baik,hitam putih, hidup mati, pahala dan dosa…. papa pilih untuk jadi yang baik-baik saja, jangan sia-siakan umur”

Beliau diam..sambil memencet tombol.remote tv dan mengubah saluran TV ke saluran lain.

“Nah itu pa,gunanya mereka berantem, channel TV lain bisa ditonton jadinya” kata saya sambil pergi keluar rumah, masuk mobil dan mengendarainya pulang ke rumah saya yang kebetulan sedang sepi karena istri dan anak menginap di rumah opa omanya.

Tinggalkan Balasan

