Micro Fuse Honda Freed dan Ford Fiesta

Tiba-tiba lampu stoplamp mobil saya putus nggak nyala dua-duanya. Yang bikin heran audio dan lampu kolong ikutan mati. Saya langsung sadar ini pasti sekering yang putus.
Benar saja begitu saya periksa, sekering 10A putus. Saya pun mencoba mengganti dengan sekering dari bagian lain yang sama amperenya.
Masalah pun selesai paling tidak saya bisa menyetir ke bengkel resmi tetap pakai lampu rem yang menyala. Tapi ternyata gantian pintu belakang kiri kanan yang nggak bisa dibuka otomatis alias harus manual.

Begitu sampai di bengkel Honda, saya kaget waktu saya harus menebus dua buah sekering 10A dan 7,5A dengan harga 72ribu. Dua buah microfuse!

Sebenarnya saya sudah tau harga sekering ini mahal…ford saya juga pernah putus sekering dan saya harus membelinya 44ribu per biji.

image

Saya pun menghubungi teman saya di Cina dan minta dia mengirimkan 10 pcs masing-masing sekering model microfuse dengan kapasitas 7,5 10,15,20 & 30A langsung pakai DHL ke Jakarta.

Tau nggak berapa saya habiskan uang untuk membeli sekering jenis ini? Termasuk ongkos kirim dan harga barang 50pcs totalnya USD.31 atau Rp.403,000 dengan kurs 13,000/1 usd alias Rp.8,050/pcs

Kualitasnya? Sampai hari ini sudah 1 bulan lebih saya pakai nggak ada masalah. Sengaja saya ganti beberapa sekering asli mobil dengan sekering cina ini dan everythings are perfect!

11 thoughts on “Micro Fuse Honda Freed dan Ford Fiesta

  1. Klo lihat modelnya mirip fuse motor sport deh masbro, mungkin klo sama plek ya bs dipake subtitusi, intinya amperenya sama, klo fuse motor seingat st malah cm 2rb perak sahaja perbiji…cmiiw…๐Ÿ™‚

    1. Yg fuse buat motor agak nongol om besi konektornya..lbh panjang…. memang lbh murah. Kalo ini mungkin karena blm banyak yg pakai jd ngasih harga semaunya aja…apalagi packing nya honda ukurannya 20x20cm kesannya kita beli packing nya. Isinya mah cuma 1 biji

      1. oo gt ya, tapi klo nongol bisa dipotong dunk konektornya biar pas…hehe asal usul…๐Ÿ™‚

      2. oiya setelah sy perhatikan lagi ternyata fuse mobil lebih besar dibanding fuse motor…tp emang mirip sih sekilas…hehe…

  2. Halo om sy pengguna freed. Freed sy saat kondisi mesin nyala bunyi cret trs pintu sliding otomatis, HU, lampu plafon matot. Pintu sliding gak bs dibuka. Trs ud ganti sekring jg tp bertahan bntar aja (gak ada 1jm) lgsg mati lg. Kira2 knp ya om?

    1. Itu berarti ada overload pak. Sekering gak kuat. FREED pakai sekering nya saling berhubungan. Misal sekering lampu rem ada hubungan dengan sliding door dan display MID. Mungkin ada korslet di lampu rem…coba di cek. Sekering kalo udah diganti lalu putus lagi bisa jadi sebab diatas

Tinggalkan Balasan

