Agama dan Ibadah itu mudah

Seorang rekan menceritakan soal kehilangan handphone yang dialami istrinya pada saat menghadiri taklim disebuah mesjid di dekat rumahnya
Menurutnya kehilangan itu sudah berkali kali terjadi tanpa ada perhatian dari pihak mesjid. Bahkan ia menyebut “rumah Tuhan kok nggak aman”. Sudah gitu kejadian hilang itu terjadi pada saat istrinya sedang khusyuk sholat sementara tasnya ada disamping.

Saya pun menjawab ceritanya begini :
Kalo kehilangan sering terjadi, seharusnya kita yang menjaga barang-barang kita sendiri. Sholat yang khusyuk jangan dijadikan alasan. Saya pribadi kalo lagi sholat tetap yang namanya kewaspadaan jalan terus…jadi kalo ada orang yang tiba-tiba mencoba mengambil barang saya, ya saya tendang, pukul, injak kalau perlu. Sholat bisa diulang lagi.
Buat saya kalo gara-gara sholat khusyuk lalu kita kehilangan barang ya konyol namanya. Nggak mungkin juga nyuruh satpam jagain kita sendirian, kayak nggak ada kerjaan aja.

Lalu soal rumah Tuhan yang nggak aman? Saya percaya Allah menjaga barang kita dan menjaga serta menjamin pahala kita. Saat ada yang mau mengambil barang kita lalu kita batal gara-gara kita bereaksi, saya yakin Allah mengerti apalagi kalau kita mengulang sholat sendirian, saya yakin pahala kita nggak berkurang…itu cara Nya menjaga kita.
Kalau Allah nggak mengerti berarti Dia bukan Tuhan yang perlu kita sembah dan kita nggak perlu khawatir soal itu.

Ibadah dan agama itu nggak sulit, kita saja sebagai manusia yang mempersulit.

Tinggalkan Balasan

