Bengkel Resmi yang kadang ngeselin…

Pedal gas berat, posisi pedal rem dan gas yang harus disetel? Atau sekedar cek kondisi mesin mobil anda? Pikiran pertama pasti ke Bengkel Resmi deh…kenapa? Asumsi awal, mereka punya tools lengkap, tehnisi yang katanya lebih profesional,terlatih dan tentu saja ada garansi pekerjaan. Semua ditebus dengan harga yang lebih mahal,ruang tunggu nyaman dan lainnya. 

Lama nggak ke bengkel resmi udah sekitar 2 tahun, sambil ngabuburit saya lajukan mobil ke bengkel mobil Honda di Kranji, kenapa disebutin merk? Any problem? Ini kan pengalaman pribadi. 

Tiba dari GOR bekasi melewati Grand Mall ternyata sudah tidak boleh langsung belok ke bengkel alias harus lewat kolong fly over Kranji. Tau kan disana banyak Setan jalanan ngetem di depan stasiun Kranji seolah polisi,dishub sampe polisi udah maklum. 

Ternyata sampai di bengkel jam 1 siang, satpam mencegat saya di pintu masuk..dan bilang “mau kemana?” “Ke bengkel lah, masa’ mau makan siang” 

“Maaf pak Bengkel nya tutup” …jawab satpam…. “haaaa, jam segini tutup???” 

“Overload pak, kewalahan” 

Simple.tapi mengesalkan…tau nggak, di buku manual kita “diancam” lho kalo ngga servis di bengkel resmi garansi gugur bla bla bla bla…….. tapi begitu mau servis malah jawabannya “kewalahan” …. lah….ente mau jualan tapi after sales nya nggak sanggup..jam 1 siang mau servis ditolak….

Ngerasa dongkol saya pun balik pulang dan mengerjakan sendiri sekedar bersihin throttle body, dan setel pedal gas….ribet tapi sambil nunggu buka puasa dapat ilmu, dan GRATIS pula…memanfaatkan cairan brake cleaner dan TB cleaner yang ada.

Eeeh muncul engine code di dashboard, kalo orang sekedar pakai mobil dan nggak mau ribet ya pasti panik dong…engine check muncul silakan ke bengkel resmi begitu kata buku manual..lah gimana mau ke bengkel resmi kalo mereka kewalahan dan pasti nggak mau cuma reset engine check doang padahal mbayar nggak gratis.

Saya pasang OBD Reader saya, pakai bluetooth dan connect ke Android ternyata ada 2 error code (saya lupa karena gak dicatat) intinya error di air intake…ya udah karena saya cuma semprot TB cleaner lalu saya reset aja dan FINISH….nggak perlu ke bengkel, engine check lamp pun padam. 

Saya bawa mobil jalan dan alhamdulillah nggak ada masalah. 

So ….. siapa butuh bengkel resmi kalau bisa melakukan perbaikan ringan sendiri…kalo yang sulit ya boleh lah…

Pilihan di tangan anda.

Tinggalkan komentar